Devinisi Digital Marketing adalah :
Digital marketing adalah upaya pemasaran produk dan jasa melalui media online atau Internet. Kalau kita bandingkan dengan metode pemasaran tradisional atau konvensional, metode digital ini lebih diminati karena return of investment (ROI) yang cukup tinggi. Karena metode digital ini biayanya murah, marketing jenis ini memberikan hasil yang sangat memuaskan.
Hampir sama dengan metode pemasaran tradisional seperti melalui TV, radio, papan reklame, telepon, iklan di majalah atau koran, dan media cetak seperti poster, brosur, pamflet, baliho dan reklame digital marketing juga bertujuan meningkatkan visibilitas, tingkat paparan, dan kemudahan akses pelanggan dan prospek pelanggan ke bisnis Kita.
Namun demikian, berbeda dengan pendahulunya tersebut, digital
marketing menawarkan kemudahan dan fleksibilitas interaksi antara
pelanggan atau calon pelanggan dan usaha Kita.
Jenis Digital Marketing
Antara lain :
a. Situs Online
Keberadaan situs online dapat
membuktikan eksistensi bisnis Kita. Bukan hanya itu, calon pelanggan cenderung
menilai keabsahan dan kelayakan suatu bisnis dari kualitas situs yang dimiliki.
Kesan pertama pelanggan diperoleh dari penjelajahan situs Kita.
Selain itu, situs online juga dapat digunakan sebagai alat bantu tim sales untuk meyakinkan calon pelanggan terkait produk dan layanan yang disediakan oleh bisnis Kita.
b. Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO)
merupakan upaya meningkatkan kemungkinan agar tautan ke situs bisnis Kita
muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google, misalnya. Bukan hanya di
halaman pertama, spesialis SEO bahkan menargetkan agar situsnya menjadi urutan
pertama atau teratas. Dengan itu, kemungkinan situs tersebut dibuka dan dibaca
oleh calon pelanggan menjadi lebih tinggi.
SEO dilakukan secara organik, yaitu dengan menyisipkan kata kunci yang relevan pada artikel tertentu di situs Kita.
c. Pay-per-Click (PPC)
Metode Pay-per-Click (PPC), atau
bayar per klik, memastikan situs Kita unggul di antara situs-situs lain dengan
kata kunci pencarian yang sama. Google Ads merupakan salah satu contoh penyedia
layanan ini.
Namun demikian, media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn pun saat ini sudah menyediakan PPC sebagai sarana pemasaran bisnis yang dapat dipertimbangkan.
d. Media Sosial
Gratisnya pembuatan akun menyebabkan media sosial seperti Facebook dan Instagram menjadi media yang paling populer. Kemudahan pembuatan dan publikasi materi, didukung dengan basis pengikut dalam jumlah besar, mendongkrak efektivitas pemasaran melalui media tersebut. Yang harus secara berkala dipersiapkan adalah materi menarik untuk meningkatkan interaksi pengikut terhadap bisnis, produk, maupun layanan yang Kita tawarkan.
e. Video Online
Video yang informatif, menarik, dan berkualitas dapat menjadi media yang efektif untuk menyampaikan atau meyakinkan calon pelanggan terhadap kualitas bisnis, produk, dan layanan Kita. Video dapat ditayangkan melalui situs, media sosial, maupun platform video online seperti YouTube. Metadata dengan kata kunci yang relevan pun dapat dilekatkan pada video online sebagai salah satu cara atau strategi SEO.
f. Afiliasi/Iklan Online
Pemasaran secara afiliasi memanfaatkan popularitas rekanan untuk meningkatkan pemasaran bisnis, produk, dan layanan Kita. Pemasangan iklan, artikel, atau video pada situs, blog, maupun media sosial yang tepercaya dan memiliki banyak pengikut merupakan metode efektif untuk meningkatkan paparan terhadap bisnis Kita. Rekanan afiliasi biasanya memperoleh bayaran atas setiap referensi pelanggan yang diberikan.
g. Pemasaran E-mail/SMS/WhatsApp
Meskipun sering diterapkan, broadcasting e-mail,
SMS, atau WhatsApp sering dinilai mengganggu oleh penerima materi.
Apabila sangat mengganggu, penerima bahkan dapat memblokir pengirim atau
melakukan otomasi pemindahan kiriman ke Spam atau Trash
supaya tidak mengganggu. Oleh sebab itu, tugas utama pengguna metode ini adalah
untuk memastikan bahwa materi yang dikirimkan dinilai bermanfaat oleh penerima.
Salah satu cara untuk mengurangi pengganggu adalah
dengan memberikan opsi berlangganan, secara gratis maupun berbayar, kepada
target penerima materi.
Manfaat Digital Marketing
Apa pun opsi digital marketing yang
diterapkan, pebisnis perlu mempertimbangkan berbagai aspek seperti tenaga
pemasaran yang dibutuhkan, kualitas isi materi, serta potensi ROI yang akan
diperoleh berdasarkan anggaran yang tersedia. Berikut beberapa manfaat
menggunakan digital marketing pada usaha Kita
a. Jangkauan global
- Situs
web memungkinkan Kita menemukan pasar baru dan berdagang secara global hanya
dengan investasi kecil.
b. Biaya lebih rendah
- Kampanye
digital maketing yang terencana dengan baik dan terarah dengan baik dapat
menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada
metode pemasaran tradisional.
c. Hasil yang dapat dilacak dan diukur
- Mengukur
digital marketing Kita dengan analisis web dan alat metrik online lainnya
memudahkan untuk menentukan seberapa efektif kampanye Kita. Kita dapat
memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs
web Kita atau merespons iklan Kita.
d. Personalisasi
- Jika
basis data pelanggan Kita ditautkan ke situs web Kita, maka kapan pun seseorang
mengunjungi situs tersebut, Kita dapat menyapa mereka dengan penawaran yang
ditargetkan. Semakin banyak mereka membeli dari Kita, semakin Kita dapat
memperbaiki profil pelanggan dan memasarkan secara efektif kepada mereka.
e. Keterbukaan
- Dengan
terlibat dengan media sosial dan mengelolanya dengan cermat, Kita dapat
membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi agar mudah terlibat.
f. Bisnis Kita terkenal
- Digital
marketing memungkinkan Kita membuat kampanye yang menarik menggunakan taktik
pemasaran konten. Konten ini (gambar, video, artikel) dapat memperoleh mata
uang sosial – diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.
g. Tingkat konversi yang ditingkatkan
- Jika
Kita memiliki situs web, maka pelanggan Kita hanya berjarak beberapa klik saja
dari pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun
dan melakukan panggilan telepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa mulus
dan langsung.
Kesimpulan
Setelah mengetahui pengertian, jenis, dan manfaat digital marketing, kini saatnya Kita mengubah cara pemasaran bisnis yang dapat menjangkau dan melibatkan target pasar Kita. Digital marketing adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan Kita di mana mereka berada pada saat-saat ketika mereka paling mungkin mencari merek seperti milik Kita.